blog-image

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Mojokerto memberikan pendidikan politik bagi calon pemilih pemula hari  Jum’at (6/4/2018) bertempat di Aula SMA  Negeri 3 Kota Mojokerto, Jalan Pemuda, dibuka oleh Kepala Bakesbangpol Kota Mojokerto Anang Fahruroji dalam sambutannya bahwa pendidikan politik bagi pemilih pemula sangat penting karena pemilih ini pemula ini cenderung labil karena masuk transisi kedewasaan, sehingga pemilih pemula harus mendapatkan pendidikan politik yang memadai selain itu  karena mereka adalah generasi baru yang belum memahami secara utuh tentang apa itu pemilu.Anang menjelaskan pemilih pemula sebagai bagian dari warga Negara Indonesia yang mempunyai hak pilih untuk digunakan pada saat pilkada, pemilu legislative dan pilpres.

Diharapkan partisipasi pemilih pemula di Kota Mojokerto meningkat. Kami mengajak manfaatkan demokrasi ini dengan benar-benar dan gunakan hak atas demokrasi tersebut.Anang menyerukan para pelajar yang menjadi pemilih pemula untuk menyemarakkan pesta demokrasi ini dengan beramai-ramai mendatangi TPS dan jadilah pemilih pemula yang cerdas dalam memilih baik dalam pemilukada, pemilu Gubernur dan Pilpres tahun 2019 mendatang. “ Pilihlah Walikota yang bisa dipercaya, jujur dan mengutamakan kepentingan masyarakat bukan kepentingan pribadi. Untuk menjadi pemilih yang cerdas kata Anang cermatilah visi, misi dan program kerja yang ditawarkan oleh para calon kepala daerah, calon yang baik biasanya tahu persis permasalahan daerah yang akan dipimpinnya sehingga menawarkan program yang realistis. Ciri lain calon yang baik biasanya dalam kampanye lebih banyak mendengarkan keluhan dari rakyat dan bukan bicara sendiri.

H. M. Umar, Spd,Mpd, Kepala Sekolah SMAN 3 menghimbau kepada seluruh pelajar yang sudah memiliki hak suara untuk menggunakan haknya dalam pemilu pilkada ini. “ Para pelajar sebagai pemilih pemula jangan golput. Gunakan hak suaranya dengan baik. Karena inilah pertama kalinya para pemilih pemula dianggap sebagai warga Negara yang paripurna. Warga Negara yang sudah dewasa dan telah dianggap bisa memilih pemimpin mereka yang punya sifat kenegarawan, intelekrtual dan pilihlah seorang pemimpin yang bisa mengayomi semua masyarakat.

Sementara 3 nara sumber lainnya dari Ketua KPU Kota Mojokerto Saiful Amin Sholihin, Unair Surabaya Risky Amelia, dan Kepala Disporabudpar Drs.Subambihanto, Msi, juga mengingatkan para pelajar sebagai penerus generasi bangsa harus mulai berani untuk menentukan pilihannya apalagi para pelajar yang menjadi pemilih pemula merupakan pemilih potensial karena jumlahnya mencapai 30 persen. “ Jangan mau suara kalian dibeli dan gunakanlah hak pilihmu dengan baik sesuai hati nuranimu.Saiful Amin juga mengingatkan bahwa hari rabu tanggal 27 Juni 2018 besok, semua pemilih pemula diharapkan tidak ada alasan untuk tidak menggunakan hak suaranya, gunakanlah hak pilih anda dan coblos paslon yang menurut anda terbaik dan tolak politik uang. (My).