blog-image

Hari Senin (16/4/2018) bertempat di Ruang Telecenter Palapa, Jalan Bhayangkara, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) kembali menggelar  Pelatihan penginstalan komputer dan pengoperasian disain blogger bagi UMKM. Menurut Wiyono, SH, Plt. Kepala Bidang Pelayanan Informasi dan Komunikasi ketika mewaliki Drs. Suhartono Kepala Diskominfo dalam sambutan pembukaan mengatakan bahwa pelatihan ini   merupakan salah satu program kerja yang diusung oleh Dinas Komunikasi dan Informatika yang telah  berlangsung 2  (dua) tahap  yaitu tahap pertama diikuti oleh 12 (dua belas) orang UMKM dari Kelurahan Pulorejo dan Kelurahan Jagalan. Sedangkan tahap kedua diikuti 12 (dua belas) orang UMKM dari Kelurahan Kranggan, Kauman dan Kelurahan Mentikan.

Lebih lanjut dikatakan Wiyono bahwa sesuai dengan keputusan Presiden no. 99 tahun 1998 bahwa pengertian UKM adalah: "Kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dengan bidang usaha yang secara mayoritas merupakan kegiatan usaha kecil dan perlu dilindungi untuk mencegah dari persaingan usaha yang tidak sehat." UKM lebih sering di sebut sebagai usaha rumahan, bisnis rumahan, usaha kecil atau bisnis skala kecil.

Maka dari itu Para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) membutuhkan strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan produk yang di produksinya dan juga memperluas jangkauan pasar UKM tersebut. Hal ini penting agar produk atau jasa yang ditawarkan para pelaku bisnis UKM bisa dikenal masyarakat luas dan jaringan bisnisnya bisa berkembang dengan pesat.Salah satu strategi pemasarannya adalah menggaet masyarakat melalui media Online atau Internet.   Sehingga saat usaha kecil dan menengah (UKM) anda terhubung ke internet, maka usaha kecil atau bisnis rumahan anda memiliki kemungkinan untuk di kenal atau diakses oleh lebih  jutaan  orang. Kata Wiyono.

Sementara Musrifah, SH  Kasi Pengaduan dan Pemberdayaan  Masyarakat yang baru saja dilantik menggantikan Umariyah, SE,  menjelaskan untuk menginformasi produk yang ingin diperkenalkan melalui media oneline, kami selaku panitia penyelenggara akan memberikan materi tentang desain blogger dan pengoperasiannya, diperkenalkan blog yaitu mulai dari langkah-langkah pembuiatan blogger dan cara membuat blog baru beserta cara pengisian blogger, yang dibawakan oleh Syamsul Huda, SE, Manager Telecenter Palapa bersama dengan seluruh pengelola TC Palapa,  itu semua untuk kelancaran usaha dan bisnis anda.

Melalui pelatihan ini Kepala Diskominfo juga berharap dapat mendukung para UMKM untuk semakin sukses mengembangkan usahanya, sehingga dalam jangka panjang dapat meningkatkan roda perekonomian bagi masyarakat, khususnya di wilayah Kota Mojokerto. Untuk itu Diskominfo Kota Mojo0kerto berencana akan terus mengembangkan kegiatan serupa untuk Kelurahan-kelurahan yang lainnya, karena semakin banyak UMKM yang dilatih dalam pengoperasian disain blogger akan semakin banyak UMKM yang sukses usahanya dengan demikian akan meningkatkan taraf dan perekonomian masyarakat di Kota Mojokerto.(yy).