blog-image

Upacara hari lahirnya pancasila ke 73 yang berlangsung di Halaman Pemkot Mojokerto, jumat 1 Juni 2018, Plt. Sekretaris Daerah Kota Mojokerto menyerahkan penghargaan kepada juara lomba cerdas cermat SMA tingkat Kota Mojokerto. Lomba cerdas cermat 4 konsensus tinkat SMA se-Kota Mojokerto diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bagsa dan Politik tahun 2018. Para  Jawara penerima penghargaan tersebut adalah SMAN 1 Kota Mojokerto sebagai juara I, SMAN 2  juara II, juara III dan 4 adalah SMA Darul Qur’an dan SMA TNH.

Plt.Sekdakot bertindak selaku Inspiktur upacara membecakan sambutan tertulis Presiden Republik Indonesia.  Dalam pidatonya  Sekdakot menyampaikan bahwa, sungguh Pancasila adalah berkah yang indah yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa melalui perenungan, pergulatan pemikiran dan kejernihan batin  para founding fathers Indonesia.  Pancasila pertama kali diuraikan oleh Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945, kemudian dituangkan dalam piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945 dan dirumuskan secara final pada tanggal 18 Agustus 1945.

Para pendiri bangsa terdiri dari berbagai kelompok, golongan dan latar belakang duduk bersama untuk menetapkan Pancasila sebagai  pemersatu dari segala perbedaan.  Pancasila berperan sebagai  falsafah dan dasar  Negara yang kokoh,  yang menjadi dasar dibangunnya Indonesia  yang bersatu , berdauilat adil dan makmur.

Sebagai bangsa  yang majemuk semangat persatuan merupakan pilar utama dalam  kehidpan bangsa dan bernegara.  Kita harus terus menerus bersatu  memperkokoh semangat  Bihineka Tunggal Ika.  Kita harus bersatu dalam upaya untuk menjadikan  bangsa yang kuat, bangsa yang besar dan bangsa  pemimpin.

Semangat berbagi antar anak bangsa untuk kesejahteraann dan kemajuan bersama juga merupakan keharusan.  Kita harus berbagi dengan membagi etos kepedulian, welas asih dan saling menghargai dengan penuh empati

Upacara kali ini juga dihadiri oleh jajaran forum  komunikasi pimpinan Daerah, pimpinan  OPD, serta diikuti oleh seluruh karyawan/karyawati di lingkungan Pemkot dan juga pelajar mahasiswa, TNI dan Polri.  Setelah turun mimbar Sekdakot menyerahkan penghargaan kepada pemenang lomba cerdas cermat tingkat SMA. (ri)