blog-image

Mengapa pilihannya mangga golek dan buah Klengkeng ? Karena menurut Drs. R. Happy Dwi Prastiawan, M.Si, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Mojokerto ketika membuka acara Pelatihan olahan mangga golek dan klengkeng, hari Kamis (2/8/2018) di Ruang Pertemuan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Jl. Suromulang Kecamatan Prajuritkulon, mengatakan alasan pertama  bahwa pengembangan buah mangga  selain buah mangga gadung juga mangga golek dan buah klengkeng di Kota Mojokerto sudah disiapkan ditanam di wilayah Ketidur, Pulorejo, Surodinawan dan Prajurit Kulon. Sedangkan untuk buah klengkeng sudah 3 (tiga) tahun yang lalu penyebaran bibit di perumahan-perumahan dan kini sedang berbunga. sebagai upaya untuk membuka kesempatan berusaha melalui olahan buah mangga dan klengkeng kini saatnya kita mengadakan kerja sama dengan Tim Penggerak PKK Kota Mojokerto untuk menggelar pelatihan ini.

Alasan kedua Buah Mangga  merupakan buah tropis yang disukai oleh konsumen dari berbagai usia dan banyak ditanam di Indonesia. Rasa buahnya yang beragam, mulai dari yang enak dimakan sebagai buah segar sampai yang asam dan sangat berserat sehingga baru enak bila telah diolah terlebih dahulu.Buah mangga merupakan salah satu buah musiman yang sangat digemari baik sebagai buah segar maupun dalam bentuk olahannya? Selain rasanya yang enak, buah mangga merupakan sumber gizi yang baik untuk kesehatan. Daging buah mangga yang berwarna kuning oranye banyak mengandung vitamin A yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.Kandungn vitamin A dalam mangga berkisar antara 1.200 .16.400 SI. Mangga dengan kandungn vitamin A tertinggi . Selain vitamin A, mangga juga mengandung vitamin C berkisar antara 6-30 mg/100g buah.

Adapun maksud dan tujuannya menggandeng Tim Penggerak PKK Kota, Kecamatan dan Kelurahan kata  Happy  karena ibu-ibu PKK lebih mengetahui untuk menunjang kesehatan putra-putrinya dibandingkan dengan bapak-bapak. Oleh karenanya dalam pelatihan ini mari kita tetap semangat utamanya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sesuai lagu mars PKK. Mudah-mudahan dengan kerja sama ini akan bermanfaat bagi masyarakat utamanya masyarakat bisa mandiri, masyarakat bisa mempunyai usaha sampingan sehingga sejahteralah anggota PKK. Dan masyarakatnya.Berbagai jenis olahan yang dapat dipraktekkan yang dipandung narasumber Sri ...... dengan bahan baku buah mangga golek adalah dodol buah mangga, cake mangga, selai buah dan sirup buah klengkeng.

Pada akhir Pelatihan Sri Asih, S.Sos, MM, selaku Ketua Panitia Penyelenggara berharap kepada anggota PKK juga berlomba-lomba menanam kelor yang sangat banyak nilai gizinya. Di Kantor Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Mojokerto, Jalan Suromulang telah menyediakan bibik kelor dan masyarakat boleh mengambilnya asalkan mengajukan secara kelompok. Untuk tanaman kelor sebaiknya ditanam dilahan kalau di Pot hasilnya kurang bagus. Sri Asih menambahkan bahwa sekitar bulan Oktober 2018 Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian akan mengikuti lomba B2SA tingkat Propinsi Jawa Timur, Sri Asih mohon doanya semoga berhasil seperti halnya lomba masak ikan di tingkat Propinsi Kota Mojokerto pada bulan Juli 2018 kemaren  telah  menorehkan keberhasilannya.(My).