blog-image

Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) “ Gayatri” dari Kelurahan Kedundung Kecamatan Magersari Kota Mojokerto meraih juara III  babak   penyisihan Lomba Cerdik Cermat Komunikatif (LCCK) KIM Tingkat Provinsi Jawa Timur Grup B di Mangrove Information Centre Rungkut Surabaya, Selasa (7/8/2018). Ikut hadir dalam lomba tersebut Drs. Suhartono Kepala Dinas Kominfo Kota Mojokerto, Sekretaris Ovi Risna Kartika, Kepala Bidang Pelayanan Informasi Komunikasi, Agus Triyatno, Sstp, Pranata Humas dan pejabat di lingkungan Diskominfo Kota Mojokerto dan para suporter KIM Gayatri Kota Mojokerto.

Lomba LCCK tahun 2018 yang diselenggarakan Dinas Kominfo Jawa Timur dalam babak penyisihan grup B, KIM Gayatri Kota Mojokerto bertanding dengan KIM Pena dari Kabupaten Pacitan, KIM KPG Labu Ngasem Kediri, dan KIM BL Jaya Kabupaten Sampang. Dalam babak penyisihan LCCK Tingkat Propinsi Jawa Timur setiap KIM harus mengikuti 4 (empat) babak. Babak pertama presentasi program literasi digital yakni setiap KIM lewat juru bicaranya atau bergantian memperkenalkan KIM dan program literasi digital yang telah dilakukan KIM. Babak kedua presentasi media one line dan media sosial KIM yakni KIM diberi tema umum yang harus dikembangkan menjadi berbagai bentuk informasi berupa berupa berita, artikel opini, dan lain-lain yang ditampilkan dalam media one lain dan media sosial seperti facebook, twitter, instragam dan lain-lain.

Babak ketiga Cerdik Cermat yaitu setiap KIM mendapat pertanyaan wajib yang berhubungan dengan tema tertentu yang dipilih oleh masing-masing peserta,  babak keempat komunikasi langsung yakni setiap KIM diberi contoh kasus melalui dialog fragmen yang diperankan oleh KIM sesuai tema umum yang menjadi acuhan seluruh peserta babak penyisihan LCCK yaitu “ Mengurangi tingkat kemiskinan Masyarakat seperti pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui koperasi dan Kelompok Usaha Bersama (KUB), Program Keluarga Harapan (PKH) dan lainya yang relevan dengan tema tersebut.   

Melalui lomba LCCK ini KIM diharapkan KIM   dapat   menjadi   agen   informasi   yang   efektif   dalam mengolah   serta   menyebarkan   informasi   yang   sesuai   dengan kebutuhan, dan KIM berpeluang untuk   membantu   diseminasi   informasi   di   tengah   derasnya   arus informasi yang simpang siur dan semakin bebas.  KIM  sebagai   agen informasi   dalam   masyarakat   diharapkan   mampu   menjadi   mitra pemerintah   dalam   mensosialisasikan   informasi   tentang   kebijakan publik   serta   mengoptimalkan   peran   masyarakat   terhadap penyelenggaraan   pemerintahan   khususnya   dibidang   diseminasi informasi.  Dengan kondisi yang berkembang  saat ini KIM  (Kelompok Informasi   Masyarakat)   sebagai   Lembaga   Komunikasi   Sosial   dari masyarakat   oleh   masyarakat   dan   untuk   masyarakat   diharapkan mampu   menjadi   salah   satu   rujukan   bagi   masyarakat   untuk mengakses   informasi   melalui   pemberitaan   yang   obyektif   dan kondusif. 

Dalam sambutan pembukaan, Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur, Eddy Santoso mengatakan, saat ini Dinas Kominfo Jawa Timur sedang mempersiapkan untuk mengikuti lomba LCCK di tingkat nasional pada 2019. Jawa Timur mengusulkan semoga usulan tentang lomba LCCK tersebut dapat direalisasikan oleh kementerian Kominfo."Dengan diadakannya LCCK Provinsi Jawa Timur ini diharapkan jadi pelopor bagi provinsi lainnya untuk mengikuti program KIM. Saya sudah memberikan surat kepada Bapak Menteri untuk menjadikan acara LCCK dan KIM ini menjadi berskala nasional." ujar Eddy Santoso saat menjelaskan tentang harapan dan rencana kedepannya. (My).