blog-image

Tangan Mamik Wahyuningsih Sriyono, SE,  cekatan melipat ,  menggulung handuk dan kertas koran  untuk membuat hantaran dari boneka kelinci dari handuk dan asesoris. Wakil Sekretaris Tim Penggerak PKK Kota Mojokerto  dipercaya mengajarkan cara membuat hantaran kreasi dan asesoris kalung,  hari Kamis  (13/9), bertempat di Gedung Pertemuan Tim Penggerak PKK, Jalan Hayam Wuruk.

Menurut Ana Mufarrikhah  Kasi Pemberdayaan Ekonomi Perempuan, Partisipasi dan Peningkatan Kualitas Hidup Perempuan peserta sebanyak 52 (lima puluh dua) orang  berasal dari Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS). Maksud dan tujuan pelatihan ini untuk meningkatan ketrampilan, memberikan keahlian yang bisa dijadikan usaha untuk menghasilkan menambah pendapatan keluarga. Selain itu kelompok UPPKS diharapkan menjadi keluarga yang sehat.

Dengan mengikuti pelatihan membuat hantaran ini paling tidak mereka mempunyai ilmu , mengerti mengenai teknik cara membuat dan menghias hantaran, cara membuat asesoris kalung  , untuk meningkatkan status sosial ekonomi. Dengan keahlian yang diperoleh hari ini mudah-mudahan para anggota kelompok UPPKS dapat dikembangkan dan selanjutnya mampu meningkatkan omset serta  mereka dapat uang, pendapatan keluargapun bertambah.

Ana menambahkan seluruh peserta difasilitasi oleh Dinas P3AKB  seluruh alat pelatihan untuk membuat boneka kelinci dari handuk, peserta mendapatkan satu buah handuk, sepasang mata mainan, kertas koran, jarum pentul, pita, kain flanel, benang kasur, benang emas dan keranjang kecil tempat hantaran. Sedangkan untuk membuat assesoring kalung peserta memperoleh benang kulit, benang nilon, macam-macam monte dari kayu, gunting, lem uhu, bola-bola plastik / kayu dan korek api.

Para  terlihat serius mengikuti pelatihan yang dibuka oleh Drs. Wahyu Sri Sedono, Msi, Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan, Pengarusutamaan Gender, Pengarusutamaan Hak Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (PP, PUG, PUH dan PM ), mewakili Kepada Dinas P3AKKB Kota Mojokerto Moch. Imron, S.Sos, MM dalam sambutannya mengatakan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) yang sudah 39 tahun dirintis adalah merupakan program yang berfungsi untuk menggerakkan roda ekonomi keluarga melalui pembelajaran usaha ekonomi dengan cara menggugah minat dan semangat keluarga untuk berwirausaha.Dalam pelatihan ini Kepala Dinas P3AKB berharap dalam diri peserta tercipta keluarga yang mau, tahu dan mampu melakukan usaha ekonomi produktif dan efektif. Mudah-mudahan kreasi hantaran dan asesoris kalung dapat menjadi mata pencarian karena hantaran dan asesoris juga merupakan usaha yang menjanjikan.(My).