blog-image

Kota Mojokerto menerima INAGARA (Inovasi Administrasi Negara) Award atas komitmennya yang tinggi untuk menumbuhkembangkan inovasi melalui Laboratorium Inovasi LAN. Penghargaan ini diterima Wakil Wali kota Mojokerto Suyitno dari Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Adi Suryanto mewakili Menteri Desa dan PDTT, yang bertempat di Gedung Makarti Bhakti Nagari, Pejompongan Jakarta Pusat Selasa, (30/10).

Dalam sambutannya, Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Adi Suryanto menyampaikan, banyak kepala daerah yang memiliki komitmen tinggi dalam inovasi untuk memimpin pemerintahan di skala masing-masing. “Memberikan pelayanan kepada masyarakat dan mensejahterakan masyarakat dengan cara baru, inovasi baru karena kita akan menghadapi masyarakat yang berkeinginan dan kebutuhan yang baru,”katanya.

Adi juga mengapresiasi para inovator yang telah mengikuti kompetisi inovasi publik, “Inovasi yang telah digagas selama ini tidak dibiarkan hilang begitu saja tapi dipelihara, dikawal dan diimplementasikan sehingga ketika ada kompetisi dan dievaluasi di lapangan betul-betul banyak inovasi ASN yang diselenggarakan dengan baik,”imbuhnya.

Dalam kesempatan ini LAN juga menyelenggarakan Forum  Replikasi Inovasi bertema “Villagepreneurship untuk pemberdayaan ekonomi lokal”, yang dihadiri oleh sekitar 200 orang pemerhati dan pelaku inovasi sektor publik.

Adi memaparkan, Forum replikasi inovasi merupakan tindak lanjut dari upaya diseminasi, promosi inovasi serta akselerasi inovasi administrasi negara. “Melalui Forum Replikasi Inovasi ini LAN bermaksud mempercepat dan memperbesar arus inovasi di sektor publik Indonesia. Tujuannya untuk memberdayakan aparatur pemerintah dan masyarakat agar memiliki jiwa enterpreneurship untuk meningkatkan daya saing daerah melalui replikasi inovasi yang telah berhasil dilakukan. Forum ini juga untuk melakukan sharing dan transfer knowledge terkait best practice inovasi agar dapat direplikasi oleh instansi lain,” harapnya.

Bertindak selaku Narasumber dalam kesempatan ini, Bupati Kulon Progo yang berbicara mengenai inovasi Bela Beli Kulon Progo, Bupati Jembrana mengenai BIMA SENA, Bupati Gunung Kidul mengenai desa wisata Ngelanggran dan Dinas pariwisata Kabupaten Malang dengan Desa Wisata Pujon Kidul.

Sementara itu, dengan diterimanya penghargaan INAGARA ini, Wawali Suyitno menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh OPD terkait. “Saya berharap dengan adanya INAGARA award ini dapat memotivasi seluruh OPD di Kota Mojokerto agar terus menghasilkan inovasi-inovasi baru untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat,” serunya.

Selain menerima penghargaan, dalam kesempatan ini wawali juga menandatangani Deklarasi Komitmen Inovasi bersama 26 kepala daerah kabupaten/kota yang lain, yang menyatakan siap melakukan inovasi, mendukung inovasi dan menciptakan budaya inovasi. (Na/Rr)