blog-image

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Mojokerto periode 2018-2021 resmi dilantik  PWI Jawa Timur diwakili oleh Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI Jatim Mahmud Suhermono . Diak Eko Purwoto dinobatkan sebagai Ketua PWI Mojokerto. Proses pelantikan berlangsung di Pendopo Praja Wijaya Pemkot Kota Mojokerto, Selasa (23/10-2018) pagi.  Sementara  Sekretaris PWI Jawa Timur, Eko Pamudji membacakan dan  mengesahkan kepengurusan PWI Mojokerto periode 2018-2021 berdasarkan Surat Keputusan PWI Jatim : 026/SKEP/PC. PWI-JT/VIII/2018.

Sekretaris Daerah Kota (Sekdakot) Mojokerto, Harlistyati, SH, M.Si,menyampikan ucapan selamat atas dilantiknya kepengurusan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Mojokerto masa bhakti 2018-202. Semoga kepengurusan PWI yang baru saja dilantik dapat menjalankan serta meninghkatkan kompetensi wartawan yang professional dan mematuhi kode etik jurnalistik. Harlistyati menyampaikan apresiasinya pada awak media. “Tanpa wartawan sulit tercipta penyebaran berita yang aktual. Wartawan adalah penyambung informasi secara kritis dan berimbang dalam pembangunan Kota Mojokerto,”

Di Era globalisasi ini kebebasan pers sangatlah penting dalam sebuah Negara demokratis. Pers yang bebas memiliki makna bebas mengakses informasi, bebas meliput,bebas menulis dan menyatakan pendapat namun yang diingat bebas tetapi harus bertanggung jawab. Oleh karenanya Sekdakot terus berharap wartawan di Mojokerto bisa memegang amanah dan dapat menjalankan profesinya dengan baik. Meningkatkan sinergitas selalu dengan pemerintah Kota Mojokerto sebagai servicy city yang maju, sehat,cerdas dan bermoral.Masih kata Sekdakot, dengan kritik tersebut maka Pemkot Mojokerto dapat memberikan pelayanan yang maksimal. Sekdakot berharap, dengan keberadaan PWI Mojokerto dapat meningkatkan pembangunan Kota Mojokerto dan Kabupaten Mojokerto kedepannya.

Wakil Ketua Bidang Organisasi, PWI Jawa Timur, Mahmud Suhermono menjelaskan, prosesi pelantikan pengurus hasil pemilihan Ketua PWI Mojokerto di Hotel Puri Indah pada Sabtu (25/10/2018). “Sebagai organisasi profesi, PWI memang mengedepankan kinerja lapangan yakni karya jurnalistik,” jelasnyaMahmud menambahkan, PWI Jawa Timur telah menjadi penyelenggara Uji Kopetensi Wartawan (UKW) terbanyak di Indonesia. Tahun 2019 mendatang akan kembali menyelenggarakan UKW untuk angkatan ke 25. Mahmud menegaskan, jika dengan UKW maka akan menangkal kepentingan penyebaran hoax ataupun ujaran kebencian.

Sementara itu Ketua PWI Mojokerto periode 2018-2021, Diak Eko Purwoto dalam sambutannya mengatakan, untuk suksesnya PWI Mojokerto, pihaknya memohon support dari semua pihak untuk menjalankan misi jurnalistik kedepannya. “Dan saya mengapresiasi dukungan dari para jenderal lapangan yang tak lain semua wartawan,” katanya.

Dalam acara ini, Selain dihadiri Walikota dan Wakil Walikota terpilih, Jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) dari Kota/Kabupaten Mojokerto, juga kepala Organisasi Pemerintah Daerah (OPD), KPU, Bawaslu, pengusaha, organisasi wartawan dan aktivitas Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dari sejumlah perguruan tinggi di daerah ini menjadi saksi pengukuhan pengurus PWI Mojokerto. Acara pelantikan diakhiri dengan gelaran sarasehan bersama Jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) dari Kota/Kabupaten Mojokerto. Agus Dwi Susanti menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh panitia atas kerja sama dan kontribusinya sehingga kegiatan berjalan dengan sukses..(My).