blog-image

Dalam rangka melaksanakan program kerja Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Mojokerto melalui bidang Pendidikan  Dharma Wanita Persatuan Kota Mojokerto menggelar Pelatihan MC bagi anggota Dharma Wanita  bertempat di Pendopo Graha Praja Wijaya, Kamis (25/10) 2018,  yang diikuti oleh masing-masing unsur Pelaksana Dharma Wanita Persatuan dilingkungan Pemerintah Kota Mojokerto dihadiri oleh Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Mojokerto, Ketua Unsur Pelaksana Dharma Wanita Persatuan Kota Mojokerto, narasumber  dan segenap panitia pelatihan.

Ny. Abd. Racman Tuwo  Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Mojokerto mewakili Harlistyati, SH, M.Si,  selaku Penasehat  dalam sambutannya pembukaan menyampaikan sebagi seorang dan ibu, Dharma Wanita Persatuan Kota Mojokerto juga perlu mengembangkan dirinya agar dapat berperan aktif dalam pembangunan, mampu memberdayakan potensi dirinya  sehingga dapat berprestasi. Ny. Racman Tuwo menambahkan kegitan pelatihan MC ini mampu menambah wawasan, meningkatkan kualitas diri dan mengasah skiil anggota Dharma Wanita Persatuan Kota Mojokerto hingga dapat berperan dalam menghadapi tantangan khususnya jika suatu saat ditunjuk menjadi pembawa acara dalam sebuah acara di tingkat apapun kita siap dan dapat tampil maksimal  menjalan tugasnya dengan baik didepan audience.

 Erry Purwanti Imron, SE, Ketua Panitia Penyelenggara melaporkan  kegiatan pelatihan MC ini diikuti oleh unsur pelaksana DWP di lingkungan Pemerintah Kota Mojokerto dengan jumlah peserta lomba sebanyak  50 orang lebih.  Adapun tujuan dilaksanakannya  kegiatan ini agar semua anggota Dharma Wanita Persatuan Kota Mojokerto mampu mengetahui sekaligus memahami etiket dan protokol sebagai MC (Master of ceremony) , mampu meningkatkan kemampuan berbicaradi depan umum dan berkomunikasi secara efektif serta mampu berperan sebagai MC pada berbagai jenis acara dan mampu memahami berbagai hal terkait keprotokoleran.

Dalam acara tersebut DWP menghadirkan narasumber tunggal Sayidul Mala Muzzaki memaparkan materinya bahwa Untukmenjadi pembawa acara yang baik  perlu memperhatikan beberapa hal antara lain : 1Penampilan (Performance)
Dengan penampilan yang menarik, penonton atau pendengar tidak cepat merasa bosan.2. Sikap
Sikap pembawa acara hendaknya mampu menjadi penghubung antara kepentingan penonton dan pelaku kegiatan yang ditampilkannya.3. Bahasa.Tanpa dibekali kepandaian dalam memerankan kepintaran berbahasa, seorang pembawa acara tidak akan berhasil mengantarkan sebuah acara yang baik, bahkan sering menimbulkan kejengkelan pemirsanya.4. Wawasan
Seorang pembawa acara dituntut memiliki wawasan yang kuat dan luas. pembawa acara yang tidak memiliki wawasan yang luas terkesan picik, ragu, bahkan terlihat bengong dan terbatas.

Zakky menambahkan  yang harus kalian perhatikan apabila kalian menjadi seorang pembawa acara adalah kalian ahrus siap mental terlebih dahulu gaes, coba kalian bayangkan apabila kalian tidak mempersiapkan mental kalian. Apa jadinya acara tersebut?Nah, sebenarnya gimana sih cara mempersiapkan mental  itu? kalian bisa simak beberapa tipsnya sebagai berikut : Banyak-banyakin berinteraksi oleh banyak orang dinilai bisa menambah mental kalian loh gaes, loh kenapa bisa seperti itu? karena kalau misalkan kalian sudah sering berinteraksi dengan banyak orang maka anti kalian akan terbiasa apabila kalian menjadi seorang pembawa acara yang dilihat oleh banyak orang.Rajin-rajin ngomong didepan kaca juga menurut saya bisa menambah mental kalian saat kalian ditunjuk menjadi seorang pembawa acara. (My).