blog-image

Upaya Pemerintah Kota Mojokerto dalam mewujudkan Kota Mojokerto sebagai Service City yang maju, sehat, cerdas, sejahtera dan bermoral sudah banyak dilaksanakan seperti kali ini 20 IKM yang ada di Kota Mojokerto mendapat Pelatihan tentang jenis-jenis dan metode pengelasan, yang dibuka oleh Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Mojokerto Drs. Miftahul Huda. Dalam sambutannya dikatakan bahwa pelatihan kali ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan peserta IKM Logam di Kota Mojokerto agar kualitas dan kwantitas produk hingga dapat menambah kemampuan daya saing dalam pasar bebas dan meningkatkan penghasilan IKM Logam, juga untuk meningkatkan pengembangan produk melalui peningkatan IKM Logam dan pengembangan pemasaran hasil produk agar diminati masyarakat luas baik Lokal Mojokerto, antar daerah, antar pulau bahkan bisa eksport ke luar negeri sekaligus dapat meningkatkan lapangan pekerjaan bagi masyarakat khususnya warga Kota Mojokerto guna mensejahterakan perekonomian keluarga. Pelatihan kali ini membahas tentang jenis-jenis dan metode pengelasan seperti las karbit, las listrik, las gesekan, las termit, las eksplosi, las laser dan las sinar elektro, sesuai dengan standar yang diinginkan secara maksimal.

Selain itu juga akan diberikan materi terkait penjelasan OAW (Oxygent Acetylene Welding) yakni pengelasan yang dilakukan dengan membakar gas asitilon dengan oksigen sehingga menimbulkan nyala api dengan suhu yang dapat mencairkan logam indah dan logam pengisi. Selain mendapat materi teori, Peserta diajak untuk praktek secara langsung teknik dan macam-macam jenis pengelasan di LSP SMKN Jetis,dengan demikian setelah pelatihan diharapkan dapat mempraktekkan secara langsung bagaimana menjelaskan proses atau teknik pengelasan di tempat asahannya masing-masing.

Peserta selain mendapat ilmu juga mendapat seperangkat baju untuk mengelas (katelpak), kacamata las, dan bahan untuk mengelas. Kegiatan dilaksanakan selama 2 (dua) hari tanggal 6 & 7 November 2018 di Ruang Pertemuan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Mojokerto, dengan Instruktur/Tenaga Ahli : Yudi Susanto, S.Pd dan Nurul Huda, ST dari LSP SMKN I Jetis Kabupaten Mojokerto. (Sef).